Selasa, 07 April 2015

DIMENSI WARNA HUE(REALITA/RONA/CORAK WARNA)

Dimensi-dimensi warna atas dasar warna pokok bahan tinta cetak terdiri dari tiga warna:cyan,magenta,yellow. Tiga dimensi warna yang sangat besar pengaruhnya terhadap tata rupa , yaitu hue,value,dan chroma. Hue adalah realita/rona/corak warna,yaitu dimensi mengenai klasifikasi warna,atau tua muda  warna,disebut pula"ke-terang-an" warna (lightness). Chroma adalah intensitas warna,"kecerahan" warna (brightness). Intensitas warna ini disebabkan oleh adanya penyerapan atau peredaman  warna (saturation).
Hue adalah realitas,rona ataucorak warna.Hue adalah karateristik,ciri khas,atau identitas yg digunakan untuk membedakan sebuah warna lainnya. Misalnya adalah hue merah berbeda dari hue kuning,hue  hijau dan lain- lain,sehingga hue menjadikan sebuah warna sebagai dirinya.Hue adalah wara.Hue berkaitan dengan klasifikasi,nama,dan jenis warna.


Klasifikasi dan nama nama warna

Terdapat lima klasifikasi wana,yaitu warna primer,sekunder,intermediate,tersier,kuarter.Masing-msing memiliki kelompok nama-nama warna.
                                                          SKEMA KLASIFIKASI WARNA
                                                       berdasarkan warna bahan tinta cetak

Warna Primer
Warna Primer,atau disebut warna pertama,warna pokok. Disebut warna primer,atau warna pokok. Disebut warna primer karena warna tersebut tidak dapat dibentuk dari warna lain. Disebut warna pokok karena warna tersebut dapat digunakan sebagai bahan pokok percampuran untuk memperoleh warna-warna lain. Nama-nama warna primer tersebut berikut.

       1. Biru,nama warna sebenarnya adalah sian,yaitu biru semu hijau. Pada tube cat sering tidak ada warna sian,maka dapat digunakan cerulean blue.Warna sian yg sebenarnya terdapat pada bahan warna tinta cetak dan printer computer. Pada tube cat minyak  lukis merek bagus sering ada juga sian.
       2. Merah, nama sebenarnya magenta,yaitu merah semu ungu. Pada tube cat sering tidak da warna magenta. yg dekat dengan magenta adalah carmine. Sedangkan warna magenta yg sebenarnya terdapat  pada warna bahan tinta cetak offset dan printer komputer. Pada tube cat  minyak lukis  merek bagus sering ada juga magenta.
      3. Kuning,dalam tube cat disebut yellow,dalam tinta cetak  disebut  yellow.

Dalam dunia percetakan , warna pokok bahan adalah sian (cyan) ,magenta (magenta), kuning(yellow),atau sering disingkat CMY. Jikakita melihat hasil cetak foto wajah/manusia atau foto/gambar pemamndangan,sesungguhnya  tinta yg digunakan hanya sian,magenta,dan kuning dan dikuatkan dengan hitam/genap,sehingga selalu disebut CMYK.K adalah prosentase black/hitam/gelap.
Dalam komputer ,juga terdapat odel warna CMYK,sehingga jika kita mendesain sesuatu yg akan dicetak agar nantinya hasilnya sama,sebaiknya menggunakan wrna model CMYK.

 Warna Sekunder
Warna sekunder atau warna kedua adalah warna jadian dari percampuran dua warna primer. Nama-nama  warna sekunder adalah sebagai berikut.
1. Jingga/oranye,yakni warna hasil percampuran  antara warna merah dan kuning ;
2. Ungu/violet,yakni hasil percampuran warna merah dan biru ;
3. Hijau,yakni hasil percamuran  warna kuning dan biru.
Tiga warna primer dan tiga warna sekunder tersebut sering disebut enam warna stndart.

 Warna Intermediate
Warna intermediat adalah warna perantara , yaitu warna yg ada diantara warna primer dan sekunder  pada lingkaran warna. Nam-nama warna intermediate  adalah sebagai berikut .
1. kuning hijau (sejenis moon green), yaitu  warna yg ada diantara  kuning dan hijau,
2. Kuning,jingga(sejenis  deep yellow), yaitu warna yg ada diantara  kuning dan jingga,
3. Merah,jingga(red/vermilion) yaitu wrna yg ada diantara merah dan jingga,
4. Merah ungu(purple) yaitu warna yg ada diantara merh dan ungu/violet,
5. Biru violet (sejenis blue/indigo0 yaitu warna yg ada diantara biru dan ungu/violet
6. Biru hijau(sejenis sea gree) yaitu  warna yg ada diantara biru dan hijau
Enam warna standart dan enam  warna intermediate tersebut disususn kedalam bentuk lingkaran,yg selanjutnya digunakan sebagai dasar teori warna.

 Warna Tersier 
Warna tersier atau warna ketiga adalah warna hasil percampuran  dari dua warna sekundner atu warna kedua. Nama-nama tersebut adalah  sebagai berikut
 1. Coklat kuning, disebut juga siena mentah kuning tersier,yellow ochre  atau olive yaitu percampuran warna jingga dan hijau .
 2. Coklat merah,disebut juga siena bakar,merah tersier,burnt siena, atau  red brown,yaitu mpercampuran warna jingg dan ungu.
 3.Coklat biru  disebut juga siena sepia , biru tersier,zitun,atau navy blue , yaitu percampuran warna hijau dan ungu.

1 komentar:

  1. 1) Masih kurang teliti dalam mengetik. Banyak yang luput pada penulisan seperti: Tanda Baca (Spasi banyak yang lupa, Tanda baca koma)

    2) Masih kurang teliti dalam membaca dan mengatur format. Ada banyak tulisan yang salah format. Cetak miring dan tidak (harusnya cetak miring tidak dicetak miring, begitu pula sebaliknya). Cetak garis bawah (harusnya tidak ada yang dicetak garis bawah di lembar soal). Cetak tebal (ada beberapa kata yang seharusnya tidak dicetak tebal malah dicetak tebal).

    3) Gambar tidak di rata tengah (masih di rata kanan). Dan keterangan gambar tidak dimasukkan ke dalam “Add Caption”.

    4) Pengaturan penomoran tidak menggunakan “Numbered List”. Jadi terlihat kacau dan tidak lurus tata letaknya

    BalasHapus